Mendirikan sebuah yayasan membutuhkan komitmen, keterlibatan, dan persiapan yang baik. Berbicaralah dengan pihak berwenang dan konsultan hukum untuk memastikan bahwa seluruh langkah yang diambil sesuai dengan hukum yang berlaku dan tujuan yayasan yang rancang. Selain itu yang tidak kalah penting untuk membuat persiap tersebut manjadi matang diperlukan Jasa Studi Kelayakan Pendirian Yayasan.  Memang dalam mendirikan suatu usaha atau bisnis hal pertama yang harus dipersiapakan adalah aspek hukumnya namun yang tidak kalah penting juga diperlakan persiapan teknis dan manajemen, ekonomi dan pasarnya, serta aspek keuangannya.

Aspek Hukum dan Regulasi

Meninjau persyaratan hukum dan peraturan yang berkaitan dengan pendirian yayasan di wilayah yang bersangkutan. Sehingga harus mengurus hal-hal yang diperlukan kedinas satu pintu di wilayah yang akan didirkan seperti IMB dan legalitas lainnya.

Aspek Teknis dan Manajemen

Jasa Studi Kelayakan Pendirian Yayasan akan membantu dalam menyusun rencana operasional yayasan, termasuk manajemen, program-program, dan pengelolaan sumber daya atau tenaga pendidik yang dibutuhkan nantinya.

Aspek Pasar dan Lingkungan

Jasa Studi Kelayakan Pendirian Yayasan akan menentukan siapa saja yang akan terlibat atau terpengaruh oleh yayasan tersebut, termasuk masyarakat, pemerintah, donor, dan sebagainya. Menganalisis kebutuhan yang ada dalam masyarakat dan melihat apakah ada celah atau kekosongan yang dapat diisi oleh yayasan yang akan didirikan. Melakukan analisis berapa jumlah penduduk, berapa jumlah anak yang akan bersekolah di sekitar yayasan yang akan didirikan.

Aspek Keuangan

Jasa Studi Kelayakan Pendirian Yayasan akan membantu dalam menyusun rencana keuangan awal dan sumber pendanaan yang potensial untuk mendukung operasional yayasan. Menyusun proyeksi pendapatan dan pengeluaran jangka pendek dan panjang untuk menilai keberlanjutan keuangan yayasan dan analisis resikonya dari parameter keuangannya serperti nilai IRR, NPV, RIO, Pay Back Periode dan lainnya.

Jasa Studi Kelayakan Pendirian Yayasan akan menyajikan laporan yang merangkum hasil evaluasi, analisis, rekomendasi, dan kesimpulan apakah mendirikan yayasan merupakan langkah yang layak. Kami merupakan jasa konsultan yang memiliki pengalaman dalam bidang pendirian yayasan atau sekolah.