Konsultan Feasibility Study Rumah Sakit adalah profesional konsultan yang memiliki keahlian khusus dalam melakukan studi kelayakan untuk proyek pendirian atau pengembangan rumah sakit. kami memiliki pengetahuan mendalam tentang aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam konteks layanan kesehatan, manajemen rumah sakit, dan aspek keuangan.

Hal Pertama yang dilakukan seorang pebisnis atau investor rumah sakit mengurus dan manyiapkan Persyaratan Hukum arau regulasi yang berkaitan dengan pendirian rumah sakit. Konsultan Feasibility Study Rumah Sakit harus memperolah Izin Mendirikan Rumah Sakit dan Izin Operasional Rumah Sakit.

Penentuan lokasi juga sangat penting karena berkaitan dengan izin lokasi dan akses yang mudah di jangkau. Lokasi Rumah Sakit juga sangat berkaitan dengan dampak sosial, termasuk manfaat bagi masyarakat, dan dampak lingkungan yang mungkin timbul dari operasional rumah sakit. Sehingga sebagai Konsultan Feasibility Study Rumah Sakit akan mengkajinya lebih dalam.

Aspek yang tidak kalah penting yaitu aspek teknis dalam pendirian Rumah Sakit. Kami akan menentukan kebutuhan teknis, seperti infrastruktur fisik, peralatan medis, dan sistem teknologi informasi. Menganalisis ketersediaan sumber daya manusia dengan keahlian medis dan non-medis yang sesuai.

Analisis Pasar juga harus sangat diperhatikan Konsultan Feasibility Study Rumah Sakit. Menilai kondisi demografis dan pasar kesehatan di area target. Menganalisis persaingan dari rumah sakit atau layanan kesehatan lain di daerah tersebut. Untuk melihat potensi bisnis Rumah Sakit dengan melihat kunjungan masyrakat yang berobat di lokasi yang akan didirikan atau bercermin dari pesaing yang ada disekitarnya dengan melihat jumlah pasien yang berobat rawat jalan dan BOR pasien yang berobat rawat inap.

Selanjutnya Konsultan Feasibility Study Rumah Sakit akan melakukan proyeksi Keuangan dengan mengestimasi investasi awal yang diperlukan, biaya operasional rutin dan berdasarkan asumsi dari aspek yang kita kaji sebelumnya. Membuat proyeksi pendapatan berdasarkan pelayanan pasien, pembiayaan asuransi, dan sumber pendapatan lainnya. Mengidentifikasi risiko potensial yang mungkin dihadapi selama pendirian dan operasional rumah sakit. Merancang strategi mitigasi risiko. Sehingga pada aspek keuangan nantinya menentukan layak atau tidak layaknya rumah sakit tersebut untuk dijalankan.

Konsultan Feasibility Study Rumah Sakit memiliki pemahaman yang mendalam tentang sistem kesehatan, regulasi pemerintah, manajemen rumah sakit, dan aspek keuangan yang berkaitan. Pemilihan konsultan yang berpengalaman dan terpercaya dapat memastikan bahwa studi kelayakan dilakukan secara komprehensif dan dapat diandalkan.