Apa itu FS dalam perusahaan? FS atau Feasibility Study sendiri merupakan teknik analisis yang digunakan sebagai tolak ukur kelayakan rencana suatu proyek. Yang biasanya dilakukan saat masa awal proyek akan dilakukan.

Peran apa itu FS dalam perusahaan? Digunakan untuk memperlihatkan fakta mengenai kelemahan serta kelebihan dari sebuah proyek yang akan dilakukan secara objektif berdasarkan pertimbangan ekonomi, teknis, hukum serta penjadwalannya.

Studi kelayakan atau Fesebility Study adalah sangat penting tetapi masih ada saja pengusaha yang mengabaikannya. Karenanya, banyak dari bisnis mereka yang bangkrut karena menemui jalan buntu. Untuk menghindari hal tersebut pahami terlebih dahulu mengenai feasibility study untuk perusahaan Anda.

Apa itu FS dalam Perusahaan? Ini Manfaatnya.

Studi Kelayakan atau Feasibility Study (FS) merupakan kegiatan untuk menentukan bisnis atau proyek yang akan di lakukan oleh suatu perusahaan dapat dijalankan atau tidak bisa dijalankan.

Pada studi ini dilakukan beberapa pertimbangan meliputi mengidentifikasi masalah, peluangnya, hingga menentukan target dan tujuan dalam bisnisnya. Tidak hanya itu, studi kasus juga akan menganalisis dan menggambarkan sebuah situasi bisnis dan menilai manfaat yang nantinya akan di hasilkan.

Setelah mengetahui FS Berikut ini beberapa manfaat yang harus Anda ketahui dari Feseability study jadi Anda tidak akan lagi mengabaikan proses uji kelayakan ini.

  1. Fokus dari pihak penyelenggara proyek lebih terarah
  2. Membantu untuk identifikasi peluang baru untuk proyek bisnis tersebut
  3. Dalam menentukan keputusan pengadaan proyek, apa itu FS dalam perusahaan? akan membantu untuk memberikan informasi berharga
  4. Mengerucutkan alternatif bisnisnya
  5. Terakhir, membantu buat proses identifikasi alasan sah buat menentukan proyeknya

Jenis-Jenis Feasibility Study dalam Perusahaan

Memiliki beberapa jenis dari apa itu jenis-jenis feasibility study buat perusahaan. FS ini biasa digunakan untuk melakukan evaluasi potensi keberhasilan pada sebuah proyek baru. Setiap jenis proyeknya bisa terdapat faktor-faktor penting untuk setiap calon investor atau lembaga peminjaman.

Agar semua jenis proyek bisa diselesaikan dengan baik, saat ini sudah ada empat jenis-jenis FS yang bisa Anda pelajari dan gunakan untuk dilakukan.

1. Technical feasibility

Jenis ini merupakan jenis penilaiannya yang fokus pada sumber daya teknis dalam organisasi. Dengan menggunakan apa itu FS dalam perusahaan? jenis technical feasibility juga melibatkan evaluasi mengenai perangkat keras, perangkat lunak serta persyaratan teknis lain.

2. Economic feasibility

Pada studi kelayakan ini biasanya berkaitan dengan biaya dan manfaat dari proyek tersebut agar bisa membantu organisasi atau perusahaan untuk bisa menentukan kelayakan dari proyek sebelum akhirnya menentukan alokasi sumber daya keuangannya.

Economic feasibility juga berfungsi untuk menilai proyek independen agar bisa meningkatkan kredibiltas dari sebua proyek dalam perusahaan.

3. Legal feasibility

Jenis dari apa itu FS dalam perusahaan? Selanjutnya adalah legal feasibility merupakan teknik analisis untuk menyelidiki mengenai aspek kelegalitasan atau perizinan dari usaha yang Anda jalani.

Tujuan dari dilakukannya feasibility study adalah mengukur peluang untuk sebuah bisnis sebelum benar-benar melanjutkannya. Sehingga untuk Anda para pengusaha atau pemilik bisnis sangat penting untuk mengetahui apa itu FS dalam perusahaan?