Studi Kelayakan Hotel di Jakarta dapat dilihat dari berbagai aspek. Dengan terus membaiknya kondisi perekonomian nasional memberikan pengaruh positif terhadap bisnis perhotelan di Jakarta. Dari sisi permintaan, tingkat huniannya terus mengalami pertumbuhan positif. Sementara dari sisi pasokan, semakin membaiknya kondisi pasar diindikasikan dengan semakin intensifnya pembangunan hotel-hotel baru. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya kembali hotel-hotel berbintang pada tahun–tahun mendatang.

Pada satu sisi, bertambahnya kamar hotel merupakan indikasi semakin membaiknya  perekonomian dan pariwisata di Jakarta. Bagi konsumen, bertambahnya pasokan baru sangat menguntungkan, karena pilihan tempat untuk menginap semakin banyak. Namun dari sisi lainnya, bertambahnya pasokan hotel tersebut akan semakin memperketat tingkat kompetisi. Pengelola dan pemilik hotel yang sudah ada harus dapat mengantisipasi kehadiran hotel-hotel  baru.

Salah satu langkah antisipasi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat adalah dengan melakukan riset pasar.  Dari hasil studi ini akan diperoleh informasi bagaimana kondisi tingkat persaingan yang ada, perbaikan – perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen (penghuni dan pengunjung) agar hotel  ini tetap menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi konsumen, dan arahan pengembangan yang diperlukan agar hotel  ini mampu bertahan dalam kondisi persaingan yang semakin ketat.

TUJUAN STUDI

Tujuan utama dari studi ini adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengetahui apakah hotel merupakan produk properti yang paling sesuai dengan kondisi site berdasarkan pertimbangan analisis lokasi dan analisis pasar.
  • Untuk mengetahui kelayakan Hotel berdasarkan prospek jangka panjang.

MANFAAT DAN KEGUNAAN STUDI

Hasil studi ini akan bermanfaat dan berguna bagi :

  • Manajemen dalam mengambil keputusan penanaman modal investasi untuk pembangunan hotel, kelengkapan dokumen dalam proses pencairan sumber pendanaan dan acuan dalam implementasi.
  • Sebagai referensi bagi pihak Sumber Dana dalam melakukan analisa pemberian dana.
  • Studi Kelayakan juga digunakan sebagai syarat perizinan untuk mendirikan hotel di Jakarta
  • Studi Kelayakan juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi internal bagi perusahaan yang akan mendirikan hotel di Jakarat.
Kategori: Artkel