Pentingnya Restrukturisasi Perusahaan – Dalam perjalanan suatu perusahaan, Anda tentu sering menemui adanya restrukturisasi. Sebagai suatu upaya untuk perbaikan dan memaksimalkan kinerja perusahaan, restrukturisasi banyak di pilih sebagai suatu solusi yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini juga sebagai bentuk adaptasi dari kondisi yang membuat perusahaan berkembang dengan cara yang tidak sehat.

Selama restrukturisasi berlangsung, pihak perusahaan harus mempertimbangkan banyak hal, misalnya pihak pemegang saham perusahaan, karyawan, pangsa pasar, masyarakat, serta mitra usaha dan kreditur. Sehingga adanya restrukturisasi tidak membuat salah satu pihak mendapatkan keuntungan dan yang lainnya mengalami kerugian.

Dengan mengetahui pemahaman tersebut, pentingnya restrukturisasi perusahaan akan terlihat jelas tujuannya. Berikut penjelasan mengenai penyebab suatu perusahaan melakukan restrukturisasi dan seperti apa proses restrukturisasi yang harusnya dilakukan.

Alasan Perusahaan Melakukan Restrukturisasi

Terdapat beberapa masalah yang bisa membuat suatu perusahaan memilih untuk melakukan restrukturisasi. Misalnya karena tuntutan pasar, dalam pangsa pasar beberapa aspek yang perlu di perhatikan adalah kenyamanan konsumen, ketersediaan produk, serta kecepatan dan value yang di dapatkan oleh konsumen. Restrukturisasi bisa dilakukan untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut.

Ketika suatu perusahaan melakukan perluasan wilayah distribusi, restrukturisasi juga perlu dilakukan, terutama untuk anak perusahaan yang baru berjalan. Ini bertujuan agar kinerja perusahaan akan sama efektifnya dengan perusahaan utama. Sistem organisasi dan hubungan antara perusahaan utama dan anaknya merupakan alasan pentingnya restrukturisasi perusahaan dilakukan.

Alasan selanjutnya berkaitan dengan pergeseran kepemilikan atau akses modal. Perusahaan yang menerapkan cara alih perusahaan sederhana biasanya dilakukan dengan menyerahkan wewenang pada anak pemilik. Namun, banyak pula yang melakukan alih milik dengan melakukan penjualan saham, sehingga akses modal yang di dapatkan lebih luas.

Ketika kepemilikan suatu perusahaan berganti, maka restrukturisasi juga memungkinkan untuk terjadi. Tidak hanya pergantian pemilik, biasanya terjadi pula rolling jabatan agar perusahaan bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Namun, akan lebih baik apabila Anda melakukan restrukturisasi perusahaan secara rutin, baik dengan atau tanpa masalah yang mengikutinya. Pentingnya restrukturisasi perusahaan akan terlihat ketika masalah tersebut sudah datang, sehingga permasalahan tidak akan bertambah rumit dan membuat restrukturisasi menjadi makin kompleks.

Proses Restrukturisasi yang Sering Dilakukan

Sebenarnya, masing-masing perusahaan memiliki caranya sendiri untuk melakukan restrukturisasi. Hal ini akan terlihat ketika suatu perusahaan mengalami masalah, penyelesaiannya akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Beberapa proses restrukturisasi yang biasanya banyak di pilih oleh perusahaan diantaranya:

  1. Penyusunan ulang sistem pengelolaan yang terdapat di dalam tubuh perusahaan.
  2. Perubahan dalam teknik pengelolaan modal serta manajerial kerja.
  3. Mengubah model bisnis yang sebelumnya di terapkan oleh perusahaan.
  4. Mengubah struktur atau manajemen karyawan maupun anggota yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan.
  5. Mengubah strategi perusahaan dalam marketing, distribusi, maupun pengambilan keputusan.
  6. Perubahan budaya, pemasangan teknologi terbaru, dan masih banyak lagi.

Proses restrukturisasi yang digunakan sebagai suatu langkah penyelesaian masalah ini bisa dilakukan secara bersamaan. Sebab dengan mengetahui pentingnya restrukturisasi perusahaan, pihak perusahaan bisa mengambil langkah bijak dengan harapan situasi tidak bertambah kritis.

Selain disebut dengan restrukturisasi, strategi memaksimalkan kerja ini juga sering disebut sebagai downsizing atau delayiring. Umumnya kegiatan tersebut digunakan untuk mengubah tiga aspek vital pada tubuh perusahaan, yakni aset, modal, serta manajerial atau organisasi.

Itulah penjelasan singkat mengenai pentingnya restrukturisasi perusahaan yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan begitu, ketika perusahaan hendak melakukan langkah-langkah restruktur, Anda tidak akan mengambil langkah yang salah.