Bisnis merupakan suatu kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pelanggan untuk memperoleh untung. Agar memperoleh keuntungan pebisnis harus dapat mengambil moment, bisnis yang terencana, manajemen yang bagus, strategi yang tepat untuk mencapai hal tersebut. Ini lah uraian singkat mengenai bisnis. Namun untuk memperoleh itu bukan lah mudah karena akan banyak sekali masalah – masalah yang dihadapi ketika berbisnis. Ini lah uraian singkat mengenai bisnis.

Ide Bisnis

Ide merupakan rencana yang tersusun dalam pikiran seseorang. Ide bisa saja muncul dengan sendiri dan bahkan tidak disengaja dan ide juga bisa muncul dengan suatu perencanaan yang matang yang disebut dengan brainstorming. Brainstorming merupakan teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.

Modal

Dalam memulai bisnis memerlukan modal awal untuk menjalankan bisnis tersebut, Untuk memperoleh untung yang besar diperlukan modal yang besar pula. Namun hal tersebut tidak semudah itu untuk memperoleh kesuksesan bisnis bukan lah mudah, kadang bisnis tersebut merugi atau bahkan tidak balik modal sama sekali. Oleh karena itu pebisnis harus berani dalam mengambil resiko-resiko yang mungkin terjadi ketika menjalani bisnis.

Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis. Perencanaan bisnis merupakan tahap kedua yang dilakukan seorang pebisnis setelah ide bisnisnya diperoleh. Ada banyak perencanaan yang harus dilakukan seperti perencanaan modal, perencanaan lokasi bisnis, perencanaan perizinan, perencanaan lingkungan, perencanaan teknis bisnis, perencanaan pemasaran bisnis dan berbagai perencanaan lainnya. Namun para pebisnis jangan khawatir perencanaan tersebut akan di bahas dalam satu laporan yang dinamakan dengan studi kelayakan bisnis.

Studi Kelayakan merupakan perencanaan dalam bentuk studi atau penelitian secara tertulis ketika seseorang akan memulai bisnis. Dalam studi ini akan dibahas aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sehingga dalam studi tersebut akan lengkap mengkaji perencanaan bisnis seperti yang disebutkan sebelumnya seperti Aspek perizinan bisnis, aspek teknis, aspek hukum, aspek pasar, aspek lingkungan dan bahkan sampai aspek keuangan bisnis tersebut, kapan balik modal (BEP), berapa lama Pay Back Priode nya, berapa IRR nya, berapa NVP, apakah layak dijalankan atau tidak dan resiko-resiko yang mungkin terjadi dari bisnis tersebut.

Berjalannya Bisnis

Berjalannya sebuah bisnis dapat dilakukan dengan mengikuti pedoman pada perencanaan yang dibuat sebelumnya. Berjalanya bisnis hampir sama dengan siklus produk yang tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari peluncuran awal (soft launching), Peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar Setelah mencapai puncaknya atau titik jenuh maka produk akan turun dengan alamiah. Namun disinilah peran kreatif dan strategi bisnis dilakukan agar bisnis tersebut tidak mengalami penurunan atau kebangkrutan dalam waktu yang cepat.